Random posts

22 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan & Psikologi

Tidak sedikit orang yang menyepelekannya manfaat dari bangun pagi, sehingga kalau kita lihat banyak orang yang memilih bangun menjelang siang dibandingkan dengan bangun pagi.

Mungkin, hal yang sering membuat orang bangun menjelang siang. karena aktivitas bergadang yang dilakukan, dimana efek buruk dari begadang ini cukup serius, dan minimalnya tubuh akan menjadi lemas di pagi hari sehingga sulit bangun.

Pagi Hari
Sumber gambar: Flickr.com

Rasa lemas tersebut akan terus berlanjut hingga menjelang siang, dimana tubuh menjadi tidak fit 100% untuk menjalani aktivitas di siang maupun sore hari.

Kapan seseorang dikatakan bangun pagi?
Bangun pagi yaitu bangun sebelum sinar matahari terbit di ufuk timur, sehingga jika matahari sudah terbit maka namanya sudah bukan bangun pagi lagi, akan tetapi itu adalah waktu pertengahan antara pagi dan siang hari.

Dan, bangun pagi yang terbaik adalah pada waktu shubuh, yaitu jam empat atau jam lima. Setelah itu, tidak disarankan tidur hingga jam 10.30 pagi.

Manfaat bangun pagi setiap hari...

Ada banyak manfaat hal yang diperoleh dari bangun pagi setiap hari, dimana saat itu udara masih sejuk dan segar sekali untuk dinikmati

1. Tubuh menjadi terasa segar
Bangun pagi menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh. Pagi hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk memulai aktivitas sehari-hari, dimana tubuh dalam keadaan fit dan pikiran masih sangat jernih.

Ketika bangun pagi hari tubuh benar-benar maksimal untuk melakukan aktivitas, serta emosi dalam keadaan yang stabil, karena segarnya udara yang dihirup.

Selain itu, udara yang bersih seperti itu juga amat dibutuhkan kesehatan paru-paru. Udara segar sangatlah penting bagi pernafasan, jauh lebih baik daripada udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan berbagai polusi lainnya.

loading...

2. Dengan bangun pagi, memiliki waktu untuk berolahraga
Dimana Anda dapat lebih leluasa untuk olahraga, Anda dapat melakukan olahraga selama 20-30 menit seperti jogging, bersepeda atau lainnya di pagi hari.

Kemudian istirahat sejenak, mandi, makan lalu berangkat kerja dengan penuh kebahagiaan.

3. Anda tidak akan melewatkan sarapan pagi
Perlu diketahui, sarapan pagi menjadi aktivitas terpenting di awal hari sebelum bekerja, untuk menghindari banyak hal yang tidak diinginkan.

Banyak orang yang kesulitan untuk sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi adalah waktu yang paling penting bagi seseorang untuk mengisi tenaga guna menjalankan aktivitas. Sarapan juga membantumu untuk memiliki konsentrasi yang lebih.

4. Menenangkan pikiran dan perasaan
Di pagi hari Anda akan menghirup udara yang rasanya sangat segar, Anda juga akan mendengar suara ayam berkokok dan burung berkicau di pagi hari.

Kondisi seperti ini di pagi hari, tentunya sangatm menyenangkan, baik secara fisik maupun pikiran karena adanya "relaksasi" dari suara-suara indah yang didengar.

Hal ini benar-benar bermanfaat untuk membantu pikiran dan perasaan agar tenang dan nyaman.

5. Melancarkan peredaran darah
Menghirup udara pagi yang bersih dan segar yang masuk ke dalam tubuh, bermanfaat membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh menjadi maksimal.

6. Meningkatkan daya ingat
Udara yang segar dihirup di pagi hari bermanfaat untuk membuat daya ingat meningkat, dan daya pikir pun menjadi lebih baik.

7. Menyehatkan Jantung
Dengan peredaran darah yang lancar, memberikan manfaat pada organ lainnya, seperti jantung. Dimana berbagai jenis penyakit jantung, umumnya sering terjadi karena aliran darah dan oksigen yang tidak maksimal terpasok ke jantung.

Sehingga menghirup udara bersih yang membuat aliran darah dan oksigen ke jantung lancar, sangat baik untuk kesehatan organ jantung.

8. Menghindari terburu-buru ketika berangkat kerja
Terburu-buru ini sangat tidak baik untuk psikologis. Rasa terburu-burunya ini berimbas negaif bagi kejiwaan, karena membuat pikirannya tidak tenang.

Dengan begitu, bangun pagi membuat seseorang akan dapat lebih tenang dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

9. Memaksimalkan fungsi otak
Kebiasaan bangun pagi membantu aliran darah dan aliran oksigen yang optimal ke otak. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

Menjaga kesehatan organ otak juga perlu memerhatikan beberapa hal, terutama mengonsumsi makanan bergizi (menghindari makanan seperti junk food, tinggi lemak, kolesterol, dll), serta rutin berolahraga.

10. Meningkatkan daya ingat
Dengan optimalnya fungsi otak, membuat memori otak meningkat. Sehingga kemampuan mengingat menjadi lebih baik.

Orang tua yang memiliki kebiasaan bangun pagi dari mudanya, umumnya tidak akan mudah lupa atau pikun. Bebeda dengan orang yang di pagi hari masih "molor".

11. Menyehatkan organ paru-paru
Dengna memperoleh pasokan oksigen yang berkualitas baik, membuat organ pernafasan menjadi sehat, terutama paru-paru.

Dengan bangun pagi hari akan memperoleh pasokan udara bersih, yang masuk ke dalam tubuh dan tidak akan mengotori paru-paru.

Adapun jika udara kotor penuh polusi yang masuk ke dalam tubuh, akan mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit pada organ paru-paru. Penyakit flek paru-paru umumnya terjadi.

12. Menjaga kesehatan tulang
Sinar matahari pagi kaya akan kalium, kalium bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dimana kalium yang masuk ke dalam tubuh berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, terutama mencegah kerapuhan dan pengeroposan tulang.

Wanita yang mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat akan terhindar dari osteoporosis. Serta memperoleh vitamin D.

13. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Udara pagi yang dihirup membantu kerja sistem imun tubuh. Udara pagi memiliki peran dalam membantu pembentukan zat antibodi yang optimal.

Zat antibodi di dalam tubuh sangat penting, karena fungsi vitalnya dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.

14. Mencegah penyakit kuning
Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, disarankan Anda agar beberapa saat saja untuk bisa memperoleh sinar matahari pagi, pada jam setengah enam sampai dengan sembilan.

Tetapi setelah pukul 9 pagi lindungi diri dari cahya matahari, karena jika kelamaan berada di bawah sinar matahari pada jam 9 pagi keatas, justru bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.

Penyakit kuning terjadi karena kurangnya vitamin D di dalam tubuh. Bayi sangat rentan terkena penyakit kuning

15. Membuat kulit bisa awet muda
Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi membuat kulit awet muda. Hal itu karena sel-sel kulit mati yang bisa disikirkan / diangkat dari permukaan kulit. Manfaat lainnya mencegah gangguan pada kulit.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda seharian berada di bawah sinar matahari, berlebihan juga sangat tidak baik karena memberikan dampak buruk bagi kulit. Bahkan terlalu sering berada di bawah sinar matahari langsung saat siang bolong (jam 12 siang), bisa memicu resiko kanker.

16. Menurunkan kolesterol
Bangun pagi membuat tubuh memperoleh asupan oksigen terbaik, lalu juga membuat aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.

Dengan lancarnya aliran darah di dalam tubuh, sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

17. Pencegahan kanker payudara
Wanita rentan terkena kanker payudara. Tidak sedikit kasus kanker payudara yang berakhir dengan kematian.

Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati. Penting untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar matahari pagi. Berjemur di pagi hari bisa mencegah sel kanker payudara.

18. Meningkatkan metabolisme tubuh
Vitamin D, selain mengandung kalium juga mengandung kalsitriol. Kandungan kalsitriol berfungsi dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh. Kalsitriol bekerja untuk memudahkan kalsium untuk terserap ke tulang.

Tulang dan tubuh membutuhkan kalsium untuk proses metabolisme. Kondisi metabolisme yang terganggu prosesnya, menimbulkan masalah besar bagi kesehatan tubuh.

19. Meningkatkan Vitalitas
Bangun pagi dan menghirup udara pagi dapat meningkatkan vitalitas tubuh, Hal ini sangat dibutuhkan pria.

20. Membangkitkan Semangat
Bangun pagi serta menghirup udara pagi yang segar akan menciptakan energi positif bagi jiwa. Yang membuat orang yang biasa bangun pagi akan lebih bersemangat.

Adna bisa melihat perbedaan muka orang yang selalu bangun pagi dan orang yang bangun siang. Orang yang bangun pagi akan terlihat lebih bahagia dan semangat, terlihat pada wajahnya yang berseri-seri. Adapun baugn siang membuat wajah menjadi kusut.

21. Mencegah penyakit kanker kulit
Memperoleh kandungan vitamin D pada sinar matahari sebelum jam 9 dapat mencegah penyakit kanker kulit. Tetapi jika berada di bawah sinar matahari siang dalam waktu lama, justru memicu kanker kulit.

22. Menjaga mood (suasana hati)
Dengan bangun pagi membantu kita untuk memiliki mood yang bagus. Hal itu karena dengan bangun pagi, dapat mengoptimalkan produksi alami hormon serotonin di dalam tubuh. Dimana hormon ini bekerja untuk menciptakan suasana hati dan keseimbangan mental yang baik.

Saat bangun pagi, Anda juga tidak merasa terburu-buru dalam melakukan aktivitas. Serta bisa tepat waktu datang ke tempat kerja, sehingga suasana hati yang baik bisa terbentuk dengan sendirinya.

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi mampu memberikan keputusan, perencanaan serta penataan yang lebih baik.

Dengan tidur yang berkualitas, otak yang sebelumnya telah lelah akan kembali puin menjadi fresh. Sehingga bisa berfikir lebih jernih.

Yang dengan begitu, terbiasa bangun pagi sangat penting membantu Anda agar bisa mengerjakan tugas dengan cepat. Sehingga memberikan sebuah peluang kesuksesan besar.

Untuk membantu meningkatkan mood, Anda bisa dengan minum teh atau kopi, olahraga dan tidur siang 20 menit.
22 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan & Psikologi 22 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan & Psikologi Reviewed by Salam Info on Februari 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

iblogmarket

IBX5AB32ACCDDA7D
Diberdayakan oleh Blogger.